Pemda dan Anggota DPRD Samosir Hadiri Diskusi Publik Seputar DCS dan Potensi Permasalahan Pemilu 2024

KotaKita.net, Samosir – Pj. Sekda Samosir Dr. Naslindo Sirait, SE, MM. mewakili Bupati Samosir membuka kegiatan Diskusi Publik seputar Daftar Pemilu Sementara dan potensi masalah Pemilu 2024. Diskusi Publik ini diadakan di Puro Cafe, Pangururan. Kamis, 10 Agustus 2023

Diskusi Publik yang mengambil tema DCS (Daftar Calon Sementara) Anggota Legislatif kabupaten Samosir dan Potensi Masalah Pemilu 2024 di Samosir yang dilaksanakan kumpulan beberapa awak media yang berkumpul di Warkop Jurnalis Reborn Kabupaten Samosir bersama Ikatan Wartawan On Line (IWO) kabupaten Samosir yang bekerja sama dengan Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) yang dilaksanakan di Puro Kafe, Pangururan.

Diskusi publik yang menghadirkan Narasumber Ketua KPU Ika Rolina,  didampingi 2 KPU Samosir. Komisioner Monang Sinaga, Robinsar Barus, Dari Anggota DPRD Samosir Wisnu Sidabutar (PDIP), Magdalena Nurainy Sitinjak (Nasdem), Megianto Sinaga (Mantan ketua KPU), Efendi Naibaho (Mantan Anggota DPRD Propinsi SUMUT), Perwakilan dari perwakilan KSPPM Renny Hutagalung.
Di kegiatan Sebagai Moderator Fernando Sitanggang (eks anggota dan Ketua KPU), Ketua IWO Samosir, Koordinator JaDI serta rekan yang bergabung di IWO dan Warkop Jurnalis Reborn Fernando Sitanggang yang menjadi moderator di kegiatan tersebut menyampaikan, bahwa diskusi yang dilaksanakan adalah spontanitas dan upaya bersama rekan rekan jurnalis yang ada di Warkop Jurnalis Reborn Kabupaten Samosir, tanpa ada menjalankan proposal guna mencari dana kegiatan.

“Adapun kegiatan diskusi publik ini kami lakukan, kami berkeinginan mengangkat akan apa isu isu yang berkembang di kabupaten Samosir, serta mencari solusi yang akan diberikan dari para narasumber yang akan kita undang, di mana kami para jurnalis yang bergabung di Warkop jurnalis ini, punya komitmen menjadi jurnalis yang beretika, di mana kami akan menuliskan akan apa isu yang berkembang dan mencari solusinya, ketimbang berkomentar di media sosial, ujar Fernando Sitanggang yang juga koordinator JaDI Kabupaten Samosir

Pj. Sekda Samosir di kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangga dapat hadir di kegiatan, di mana langkah langkah yang diambil guna penyelesaian isu isu yang berkembang di kabupaten Samosir dapat didiskusikan pada pihak pihak terkait. Serta mendukung dengan adanya pertemuan diskusi publik yang dilaksanakan.

“Kegiatan diskusi publik ini sangat bagus, dan terkait akan materi hari ini, saya hanya ingin menyampaikan agar kiranya para calon calon legislatif yang terpilih nantinya adalah memang betul-betul bekerja guna kemakmuran masyarakat Samosir.” ucap Pj. Sekda Samosir Dr. Naslindo Sirait, SE, MM.

Naslindo Sirait, SE, MM juga berharap agar kiranya para awak media juga turut serta mengawal jalannya pesta demokrasi yang akan berlangsung, di kabupaten Samosir, di mana di pesta demokrasi ini yang memakai dana yang besar, dapat berlangsung dengan baik guna menuju masyarakat yang semakin maju dan kemakmuran bagi masyarakat serta dapat meningkatkan penghasilan masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Samosir.

Ika Rolina br Samosir ketua KPU di diskusi publik tersebut menyampaikan bahwa walaupun masa tugasnya akan berakhir di 23 Oktober nanti namun beliau menyampaikan bahwa akan tetap bekerja dengan profesional guna suksesnya Pemilu serentak di 2024.

“Hingga saat ini Daftar Pemilih Tetap yang sudah didata berjumlah 100595 (Seratus ribu Lima ratus Sembilan Puluh Lima) pemilih dan partai yang ikut dan lolos seleksi berkisar 10 Partai.” ujar ketua KPU Samosir.

Ika Rolina di kesempatan tersebut juga menyampaikan bahwa Pemkab Samosir telah menyerahkan lahan untuk kantor KPU di lokasi Komplek Perkantoran Parbaba, guna dibangun kantor KPU, di mana Kantor KPU sekarang masih status sewa.

Ketua KPU Samosir juga menyampaikan bahwa usulan dari KPU Samosir terkait akan dana Anggaran Pemilu 2024 akan membutuhkan dana sekitar 32 Milyard dari tahap awal hingga tahap akhir PILKADA, namun pihak pemerintah kabupaten Samosir menganggarkan dana berkisar 20 Milyard.

“Diskusi-diskusi seperti ini sangat menarik, dan harapan saya agar rekan rekan jurnalis dapat melanjutkan diskusi-diskusi publik akan isu yang berkembang dan bersama mencari solusinya,” ujar Wisnu Wardana Sidabutar, anggota DPRD Samosir dari Partai PDIP Dapil II (Kecamatan Simanindo – Kecamatan Onan Runggu).

Wisnu Wardana juga menyampaikan agar kiranya para jurnalis turut serta mengkawal dan mengawasi jalannya tahapan Pemilu di kabupaten Samosir dan dapat menyampaikan informasi yang dapat didapat Masyarakat Kabupaten Samosir. (Tampu23)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *